Friday, December 3, 2010

BELAJAR MEMBIBITKAN TANAMAN


Apakah anda tinggal disebuah rumah yang memiliki kelebihan lahan yang cukup luas ? Atau, anda mungkin adalah orang yang memiliki sebuah kebun atau tanah kosong tapi tidak tahu mau menanam apa ? Bisa jadi, anda adalah orang-orang yang peduli lingkungan sekitar; disekitar anda banyak lahan yang menganggur tak bertuan; dari pada ditumbuhi oleh rumput, ada baiknya tanah tersebut ditanami dengan tanaman-tanaman yang produktif. Tapi bagaimana caranya ? Pernahkah terpikir oleh anda untuk menanam semua biji buah yang anda beli di pasar, sehingga dari biji tersebut akan tumbuh tunas-tunas buah yang baru, yang akan siap pula untuk berbuah beberapa waktu kedepan ?

     Siapa yang akan menyangka, asam jawa yang anda beli di warung dalam bentuk bungkusan plastik; bijinya apabila anda lempar atau tanam kedalam tanah akan menumbuhkan anak pohon asam jawa ? Jika anda tidak percaya, silahkan sediakan satu posisi dilahan yang akan anda tanami (gali dan gemburkan sedalam sekitar 5 cm); seusai asam jawa dipergunakan di dapur, ambil bijinya lalu letakkan sedikit kebawah permukaan tanah. Siramlah setiap hari. Anda akan menyaksikan, dalam beberapa hari kedepan, anak-anak asam jawa akan muncul kepermukaan (daunnya kecil-kecil seperti tanaman petai). Biarkan tanaman baru tersebut tumbuh lebih tinggi, kemudian pindahkanlah kelobang yang lebih dalam; sekitar 20 cm.

     Untuk lebih praktisnya, kegiatan ini bisa dilakukan didalam plastic polypack, sehingga mudah untuk dipindahkan kemana saja. Isilah dasar plastic tersebut dengan sedikit pupuk kandang terlebih dahulu; kemudian isilah dengan tanah sampai setengahnya; baru diletakkan biji yang ingin ditanam; setelah itu tutup lagi dengan tanah yang lain. Siramlah secara teratur pada pagi hari dan sore hari menjelang matahari terbenam.

     Hal serupa seperti diatas, bisa juga anda lakukan untuk mendapatkan bibit jeruk dan papaya. Cuma, waktu munculnya ke atas permukaan tanah memakan waktu sedikit agak lebih lama dibandingkan dengan asam jawa diatas. Harus lebih sabar. Yang jelas, asal biji tanaman tersebut ditanam, insya Allah akan tumbuh.

     Untuk menumbuhkan biji alpokat, mangga, dan durian diperlukan penananan yang lebih khusus; ketika meletakkan biji buah tersebut diatas permukaan tanahnya, pastikan bongkol buah (tempat tumbuh tangkainya) tersebut menghadap keatas. Jika tidak, buah tersebut tidak akan bisa tumbuh dengan baik. Dibutuhkan waktu sekitar sampai tiga bulan untuk melihat bibit buah-buahn ini muncul secara sempurna diatas permukaan tanah.



     Untuk menumbuhkan biji salak, perlu penanganan yang lebih khusus. Sebaiknya, biji yang ditanam, langsung diatas permukaan tanah. Cara pertama, sama dengan cara diatas. Cuma, langkah selanjutnya; yang menjadi alas biji salak tersebut didalam lobang yang digali maupun yang akan menimbunnya bukanlah tanah yang telah digali, tapi pasir putih – pasir yang digunakan untuk bahan bangunan. Jika biji salak tersebut dialas dan ditimbun dengan tanah biasa; dari pengalaman saya, biji salak tersebut tidak akan tumbuh, dan malah akan membusuk setelah ditanam beberapa waktu.

     Belum cukup dua tahun setelah anda melakukan ini, anda sudah akan melihat biji buah yang anda tanam tumbuh menjadi pohon muda sampai ketinggian 2 meter. Dan papaya, tidak perlu menunggu sampai selama itu, karena lewat sedikit dari masa 1 tahun, anda sudah akan bisa memetik buahnya.

     Alangkah baiknya jika kita penuhi lingkungan kita denga tanaman-tanaman produktif seperti ini. Jangan pernah berpikir kalau tidak aka nada guna dari semua yang anda lakukan. Setiap kebaikan yang diperoleh oleh makhluk lain dari apa yang kita tanam, walau hal itu dinikmati oleh binatang sekalipun, kita akan mendapatkan pahalanya. Apalagi yang menikmati itu adalah manusia. Tak harus buah yang dihasilkannya, udara bersih yang dikeluarkan oleh pohon tersebut sejak subuh sampai sepanjang siang, dan dihirup oleh semua yang hidup, akan memberi rahmat buat sekitarnya.

     Setelah berhasil dengan biji buah-buahan diatas, kita bisa melanjutkan experimen terhadap biji buah-buahan yang lain, siapa tahu buah favorit anda akan bisa tumbuh didepan rumah anda, sehingga, beberapa tahun kedepan anda tidak perlu lagi membeli buah tersebut di pasar, karena semuanya telah tumbuh didepan atau dibelakang rumah anda.



     Pembibitan buah itu sangat mudah; tinggal apakah kita mau melakukannya atau tidak; tidak akan menyita waktu. Semuanya akan kembali pada kita masing-masing, apakah mau melakukannya atau tidak. Jangan pernah biarkan ada sejengkalpun tanah kita yang kosong dari tanaman produktif. Pada tahap awal, tanamlah tanam-tanaman yang biasa dipakai untuk keperluan dapur; seperti serai, jahe, lengkuas, bawang perai, salderi, dan sebagainya. Kemudian angsurlah menanam buah-buahan seperti yang dipaparkan diatas.


                                                                                                      Payakumbuh, 1 Desember 2010

No comments:

Post a Comment